Penanganan Pasca Kebakaran Pasar Karangkobar, Pemkab Banjarnegara Upayakan Pemulihan Mata Pencaharian Pedagang

Minggu (19 Mei 2024)Bharindo BANJARNEGARA – Pemkab Banjarnegara segera melakukan penanganan cepat pasca kebakaran di Lokasi B Pasar Karangkobar.

PJ Bupati Tri Harso Widirahmanto mengumpulkan Forkompimda dan stakeholder terkait guna menentukan langkah-langkah yang segera diambil.

Rapat kordinasi kedua penanganan pasca kebakaran Pasar Karangkobar pun digelar Sabtu, (18/5/2024) kemarin di Pringgitan.

Rapat dipimpin PJ Bupati Tri Harso Widirahmanto. Sejumlah masukan penting pun muncul dari Forkopimda, anggota DPRD, Kepala OPD terkait dan perwakilan pedagang.

Pada prinsipnya, menurut Tri Harso, terkait penanganan pasca kebakaran Pasar Karangkobar, Pemkab Banjarnegara langsung mengupayakan pemulihan mata pencaharian pedagang, agar mereka bisa berjualan lagi.

Dandim 0704/Banjarnegara, Letkol CZI Teguh Prasetyanto, ST mengusulkan agar segera dilakukan relokasi sehingga tak ada masalah baru.

Karena kejadian ini berdampak ekonomi bagi pedagang, keluarganya, dan masyarakat luas.

Sementara itu Kapolres Banjarnegara AKBP Erick Budi Santoso menyatakan pihaknya siap mengamankan lokasi agar tak terjadi hal-hal lanjutan yang tak diinginkan seperti hilangnya barang-barang.

Adapun Sekda Drs Indarto M. Si menandaskan, bahwa butuh pasar super darurat, karena kejadian kebakaran ini telah merebut mata pencaharian ribuan orang.

Dari perwakilan pedagang, Mustofa, yang kiosnya terbakar merasa sedih karena dia bersama rekannya yang terkena musibah, sementara ada pedagang yang menggunakan mobil masih berdagang bahkan menempati lokasi jalan propinsi.

Dia juga minta keringanan bank karena menurutnya 90 persen pedagang memiliki akad utang dengan perbankan.

Seperti diberitakan, kejadian kebakaran pasar terjadi pada Jumat Wage 17 Mei 2024 sekitar pukul 07.50 WIB. Api baru padam pukul 11.00 WIB.

Prediksi awal kejadian bermjula dari kompor pedagang ayam goreng krispy.

Atas kejadian tersebut 680 petak los hangus dan 34 kios dari 94 kios hangus terbakar.

(Jenis dagangan pada lokasi kebakaran : sayuran, buah, sembako, pakaian, daging dan makanan)

Kerugian material lain masih dalam proses penghitungan.

Kepala DPU PR Yusuf Winarsono memperkirakan kerugian bangunan sementara mencapai Rp.2,1 miliar.

Sementara itu Kepala Dinas Perindagkop UKM, Ady Cahyono PS menyatakan, piahknya sering melakukan sosialisasi kebakaran listrik kepada para pedagang.

Langkah lain yang sudah kita diambil adalah tinjauan lokasi eks kebakaran, tinjauan calon lokasi darurat, di lahan Terminal Karangkobar, serta pembuatan dapur umum untuk relawan,” pungkas Ady. (qo/mjp/awi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *