Dian Dharma Gelar Pelatihan Peningkatan Kecerdasan Kinestika Bagi Guru TK Pertiwi

Bharindojakartaindonesia.com/ – JATENG, BANJARNEGARA – Yayasan Dian Dharma Kabupaten Banjarnegara mengadakan Pelatihan Peningkatan Kecerdasan Kinestetika Anak Usia Dini Melalui Seni Gerak bagi Guru TK Pertiwi se-Kabupaten Banjarnegara.

Pelatihan yang akan digelar selama dua hari, (5-6 Juni 2024) ini, dilaksanakan di Sasana Abdi Praja Setda Banjarnegara Lantai 3 Rabu, (5/6/2024).

Ketua Yayasan Dian Dharma Banjarnegara, Sri Rejeki menyampaikan, dalam pendidikan ada tiga ranah pendidikan yang harus dikuasai guru TK dan wajib diajarkan kepada anak didiknya, yaitu kognitif, afektif, psychomotor.

Ia mengatakan, tahun sebelumnya dari Yayasan Dian Dharma mengadakan pelatihan terkait kognitif dan afektif, yaitu kurikulum dan isinya, termasuk di dalamnya ranah afektif atau sikap sopan santun dan budi pekerti.

“Pelatihan tahun ini dari yayasan memberikan pelatihan tentang psychomotor dan lebih khusus tentang pelatihan seni gerak,” jelasnya.

Kinestetika, lanjut Sri Rejeki, sangat penting bagi anak usia dini, karena gaya belajarnya untuk mempelajari sesuatu dengan melibatkan gerakan fisik atau aktivitas fisik sehingga mudah dipahami dalam menyerap informasi baru.

“Anak -anak dengan kecerdasan kinestetika memiliki keunggulan, mereka cenderung menunjukkan keterampilan yang luar biasa dalam melakukan gerakan-gerakan yang membutuhkan kekuatan dan ketangkasan fisik,” katanya

Pada pelatihan ini Yayasan Dian Dharama mengundang dua narasumber, yakni Benyamin Agustinus dan Dedy Andrianto yang membawakan materi antara lain education 4.0, pembelajaran steam loose part, cerita dan peta konsep, kreativitas dan estetika loose part dan microteaching.

“Harapan kami kepada para peserta pelatihan, ikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, tularkan ilmunya pada guru yang lain dan terapkan hasil pelatihan ini di sekolah masing-masing,” pesannya.

(ad/amr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *