Koordinasi dan Kolaborasi Perangkat Daerah Untuk Gerakan Menuju Smart City

Manggar -Beltim Bharindojakartaindonesia-.com/-  Rapat Koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai pemantapan tahapan pengisian kuesioner dari Evaluasi Smart City Tahap Satu, digelar Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Selasa (5/6/24) di Ruang Rapat Bupati.

Berbagai masukan inovasi dari para OPD yang bisa dimasukan ke dalam dimensi-dimensi di Smart City tersebut. Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Diskominfo SP Caesar Friadi Melawiandri mengatakan, dengan koordinasi dan kolaborasi yang dilakukan oleh perangkat daerah yang dijalankan dengan baik sehingga Gerakan menuju Smart City ini akan berjalan dengan baik kedepannya.

“Secara teknis perangkat daerah harus menyiapkan program inovasi yang ada pada perangkat daerahnya, otomatis ada data-data yang harus disiapkan, mereka juga harus menyebutkan apa saja kendalanya, kemudian renaksi (rencana aksi-Red) yang sudah dilakukan,” kata pria dengan sapaan Caesar ini.

Caesar juga menambahkan perangkat daerah harus menyertakan dampak yang telah terjadi dari inovasi yang telah berjalan tersebut, dengan melengkapi bukti dukung yang ada akan jauh lebih baik untuk mendapatkan nilai yang terbaik.

“Pada sesi penilaian yang diselenggarakan oleh Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia-Red) seperti tahun lalu mereka akan melihat dampaknya kepada masyarakat, apakah program inovasi yang dilakukan pada setiap dimensinya itu meningkat atau memberikan dampak yang baik kepada masyarat,” ungkap Caesar.

Untuk tahun ini Pemerintah Daerah tidak menargetkan secara angka  namun Caesar berharap di tahapan evaluasi tahun ini jalinan koordinasi dan kolaborasi dari perangkat daerah akan jauh lebih baik.

“Dari hari ini kita bisa melihat bahwa Allhamdulillah dari seluruh OPD yang diundang itu hadir dan mudah-mudahan pada evaluasi tahap satu yang akan diselenggarakan pada 24 hingga 27 Juni ini di Denpasar teman-teman OPD dapat mendampingi kepala daerah pada evaluasi tersebut,” pungkas Caesar.

(TIM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *