Siaga Dampak Banjir ‘Babinsab Koramil Kodim 1303-04 Lolayan Bersama Pemerintah Pantau Situasi Dilapangan

Bharindojakartaindonesia.com/Bolmong-Rabu,26/06/2024. Cuaca yang kurang bersahabat serta intensitas curah hujan yang cukup tinggi, Babinsa Koramil Kodim 1303-04 Lolayan ‘Sertu Franky Lahapo bersama pemerintah wilayah Desa binaan melakukan pemantauan situasi dan kondisi dilapangan.

Salah satu titik pantau yang dilakukan oleh aparat TNI Koramil 1303-04 Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow yakni di sungai Lolotut Desa Bakan yang mengalami kenaikan debet Air akibat tingginya curah hujan yang terjadi pada Rabu, 26 Juni 2024 pukul 11.30 s.d 14.00 Wita.

Walaupun hujan Masi terus mengguyur diwilayah tersebut, aktivitas warga terpantau Masi berjalan normal.

Berdasarkan pantauan aparat TNI Babinsa Koramil 1303-04 Lolayan, selain luapan air sungai Lolotut di Desa Bakan karena tingginya curah hujan, juga dipicu oleh saluran air atau selokan disekitar pemukiman warga yang tersumbat sampah hingga air meluap setinggi kurang lebih 9 cm ke halaman rumah warga dan juga ke jala-jalan Desa.

Babinsa bersama  Pemerintah Desa Masi terus melakukan pemantauan perkembangan arus air sungai ditengah hujan yang masi mengguyur wilayah kecamatan Lolayan.

Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, aparat TNI Koramil 1303-04 Lolayan menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat dusun 1 Desa Bakan untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman bilamana kondisi air yang menggenangi pemukiman semakin tinggi.

Upaya antisipasi kemungkinan yang buruk oleh dampak banjir terus dilakukan oleh warga seperti menyelamatkan barang barang berharga ditempat yang lebih tinggi, termasuk membersihkan selokan maupun saluran-saluran air yang tersumbat sampah.

Sementara itu, menyikapi kondisi cuaca yang terjadi di wilayah kecamatan Lolayan dan juga dampak banjir oleh sebab luapan Air sungai Lolotut, Danramil 1303-04/Lolayan “Lettu Inf Bustoming Toluhu, memerintahkan seluruh anggotanya untuk tetap waspada dan tetap melakukan pemantauan wilayah Desa sekitar dan apabila ada dampak yang signifikan oleh sebab banjir, agar sigap melakukan koordinasi bersama dengan jajaran dan pemerintah setempat.(Pen/R01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *