Ir. H. Darmansyah Husein Anggoya DPD RI Laksanakan Reses Pertama di Kelurahan Kampong Damai

Bharindojakartaindonesia.com/ – Tanjungpandan, Belitung – Dalam rangka melaksanakan reses di Daerah Pemilihan, anggota DPD RI Ir. H Darmansyah Husein bertemu langsung dengan konstituen di Kelurahan Kampong Damai, Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Jumat (19/7/2024).

Pada kegiatan reses tersebut dihadiri Lurah Kampong Damai, Kepala Lingkungan, Ketua RW, Ketua RT, Ketua LPM, Ketua LAMB (Lembaga Adat Melayu Beliyung) dan Karang Taruna dan Tokoh Masyarakat di Kelurahan Kampong Damai.

Dalam sambutannya Lurah Kampong Damai Budi, A.Md, mengucapkan selamat datang kepada Ir. H. Darmansyah Husein anggota DPD RI, dalam rangka melaksanakan reses untuk mendengarkan aspirasi di wilayah pemilihan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

” Alhamdulillah dan selamat datang, untuk Kelurahan Kampong Damai ini adalah pecahan dari Kelurahan Parit dan sudah 10 tahun lebih berdiri. Dengan luas wilayah 54,3 H, jumlah penduduk 3.939 Jiwa yang terdaftar sebagai penduduk di Kelurahan Kampong Damai,” jelas Budi.

Selanjutnya, Budi menjelaskan bahwa penduduknya terdiri dari berbagai etnis, karena Kelurahan Kampong Damai terletak di daerah perkotaan. Dengan mengelola hasil-hasil bumi dan laut, tapi kami hanya membeli serta menciptakan produk- produk UMKM dan jasa.

” Dengan peran pegawai kelurahan, perangkat Kaling, RW, RT, LPM dan masyarakat, kita mendapatkan Juara I Kelurahan Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dan kami tinggal menunggu kabar, lomba Kelurahan Tingkat Nasional,” ujar Budi.

Sementara itu, Ir. H. Darmansyah Husein Anggota DPD RI Periode 2019 – 2024 Daerah Pemilihan Provinsi Bangka Belitung dalam resesnya, mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah hadir dan sambutannya pada kegiatan reses di Kelurahan Kampong Damai ini.

” Jadi tema dalam reses kali ini adalah persiapan kita sejauh mana, untuk menyongsong Pilkada Serentak yang akan dilaksanakan tanggal 27 November 2024. Alhamdulillah mengucapkan terima kasih, pada pemilu legislatif kemaren di TPS- TPS Kampong Damai, mendapatkan suara yang juga mendamaikan hati,” ujar Darmansyah yang juga Bupati Belitung dua periode.

” Walaupun pemilu legislatif kemaren, gempurannya juga luar biasa dan jadi sebenarnya kita kedepannya, harus kembali kepada pemilu yang bermutu. Untuk itu, kita memilih seorang wakil rakyat berdasarkan pertimbangan yang rasional dan tidak terpengaruh pada pemberian yang hanya sesaat,” harap Darmansyah yang kembali terpilih menjadi Anggota DPD RI untuk periode 2024 – 2029.

Menurutnya, pemberian tersebut tidak akan memberikan dampak jangka panjangnya, kita juga sebagai tokoh masyarakat yang bisa mendidik masyarakat, sehingga pemilu kita semakin berkwalitas dari waktu ke waktu.

” Cerminan pemilu berkwalitas adalah kalau wakil rakyat yang kita pilih, semakin kesini itu berkali-kali semakin berkwalitas.
Dan jangan terpilih orang yang hanya petentengan saja, tapi tidak mengerti pekerjaan sebagai wakil rakyat tersebut. Juga tidak punya misi kedepan, sehingga daerah kita hanya begini-begini saja dan tidak ada langkah- langkah secara gradual atau sistematik meningkat,” jelasnya.

Karena hal tersebut dalam pemilihan apapun, ukurannya adalah pemilih menjadi pemilih cerdas dan yang dipilih juga cerdas, sehingga kwalitas pemilu atau demokrasi kita semakin meningkat. Maka memastikan persiapan pemilu sekarang ini, belum tentu bisa lepas dari cara-cara kotor dan mesti kita perbaiki, sehingga  pemilu menjadi pemilu yang damai.

” Untuk itu perlu pemikiran yang cerdas, sehingga masyarakat kita bisa lebih cerdas dalam memilih. Dan ini yang kita keluhkan, kita menggunakan berbagai sistem demokrasi itu bukan tanpa resiko, ketika demokrasi tidak berkwalitas dikendalikan oleh segelintir orang yang dengan kepentingan tertentu atau sekelompok orang, dan cukup prihatin bahwa daerah kita menjadi pemegang rekor kerugian negara tertinggi se Indonesia mencapai 300 Triliun.

Selanjutnya Darmansyah juga menyebutkan, bahwa banyak kewenanganan yang ditarik pemerintah pusat, kalau seperti ini pemerintah pusat harus bertanggungjawab dan daerah tidak bisa juga lepas tangan.

” Oleh karena itu, kita harus memilih pemimpin yang kita anggap punya pemikiran brilian dan punya trobosan- terobosan, yang bisa membawa Belitung ke arah lebih baik,” harap Darmansyah.

(Den/Aris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *