Kehebatan Jet Tempur Sukhoi dan Pesawat Hercules di Pembukaan Makassar International Eight Festival

Bharindojakartaindonesia.com/ – Makassar – Dua jet tempur Sukhoi SU-30 MK2 dari Skadron Udara 11, pesawat Hercules C-130 dari Skadron Udara 33, dan pesawat Boeing 737-200 dari Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin berhasil memukau ribuan pengunjung pada pembukaan Makassar International Eight Festival and Forum (F8) yang berlangsung di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (24/7/2024).

Dalam acara tersebut, TNI AU menampilkan Air Theatre Festival F8 2024 dengan Demo Udara Operasi Tempur, menampilkan jet tempur, pesawat transport militer, dan pesawat intai, serta para prajurit profesional dan terlatih dari Lanud Sultan Hasanuddin.

Demo udara diawali dengan Operasi Udara Khusus, yaitu Operasi Perebutan dan Pengoperasian Pangkalan Udara (OP3U) yang dilaksanakan oleh Pasukan Gerak Cepat (Pasgat) TNI AU menggunakan pesawat Hercules C-130 dari Skadron Udara 33. Dalam demo tersebut, pesawat Hercules C-130 mensimulasikan misi Operasi Udara Khusus dengan membawa prajurit-prajurit terbaik Kopasgat TNI AU dari jajaran Wing Komando II Kopasgat untuk melaksanakan demo terjun free fall yang dipimpin oleh Komandan Batalyon Komando 466 Kopasgat, Letkol Pas Firasat Amansyah, M.Han.

Selanjutnya, dua jet tempur Sukhoi SU-30 MK2 dengan callsign Thunder Flight, dipimpin oleh Komandan Skadron Udara 11, Letkol Pnb Andry Libarsyah dengan callsign Stellar, serta pesawat Boeing 737-200 dari Skadron Udara 5 dengan Captain Pilot Letkol Pnb Devi, yang juga menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 5, dan Galaxy Flight, dipimpin oleh Letkol Pnb Andi Muhammad Averroes Andi Muahdir, yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 33, menampilkan berbagai manuver spektakuler.

Exercise Director, Kolonel Pnb Agus Rohimat, yang menjabat sebagai Komandan Wing Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin, memimpin demo udara tersebut. Pertunjukan yang memukau ini mendapat pujian dari Komandan Lanud Sultan Hasanuddin, Marsma TNI Bonang Bayuaji G, S.E., M.M., CHRMP, yang mengapresiasi profesionalisme dan keterampilan tinggi para penerbang TNI AU. “Para penerbang yang melaksanakan demo udara di Festival F8 ini sebelumnya telah berlatih keras untuk memberikan pertunjukan terbaik bagi masyarakat Makassar yang hadir di Festival F8,” ungkapnya.

Festival F8 berlangsung selama lima hari, dari 24 hingga 28 Juli 2024, dengan tema “The Unity.” Festival ini menampilkan keanekaragaman budaya Sulawesi Selatan, termasuk budaya Bugis, Makassar, Toraja, dan Mandar.

(Hnd/Murry.K)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *