Peringatan HCTPS di Pandanarum, Ibu Lucia dan Siswa SD Peragakan 6 Langkah Cuci Tangan

BANJARNEGARA – bharindojakartaindonesia.com/-  Ketua TP PKK Kabupaten Banjarnegara, Ibu Lucia Tri Harso, mengingatkan pentingnya 6 langkah cara mencuci tangan yang efektif agar tangan menjadi bersih. Hal tersebut disampaikan Ibu Lucia pada Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Banjarnegara, di SDN 2 Desa Beji, Kecamatan Pandanarum, Jumat, (27/10/2023).

Pada kesempatan itu, Lucia memperagakan 6 langkah gerakan mencuci tangan bersama siswa sekolah dasar dan masyarakat yang hadir dan setelahnya, Dia mendampingi dan melihat langsung para siswa SD dalam memperagakan 6 langkah cuci tangan yang efektif di halaman sekolah.

Pada sambutannya, Lucia mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan rumah tinggalnya.
Dia juga mengajak kepada para pendidik untuk terus mengedukasi para siswanya mencuci tangan agar terjaga kebersihannya.

“Jangan bosan dan terus mengingatkan pada anak didik untuk selalu cuci tangan pakai sabun agar terhindar dari kuman,” ajaknya.

Lucia menuturkan bahwa Peringatan HCTPS Tahun 2023 bertemakan Tangan Bersih Berada Dalam Jangkauan.

“Hal ini mengandung maksud semua orang berperan dalam memastikan kondisi tangan yang bersih dapat mudah dijangkau oleh masyarakat luas,” jelasnya.

Ibu Lucia berharap denga HCTPS yang dilaksanakan mendapat perhatian dari Masyarakat sekitar tentang pentingnya mencucui tangan.
Menurutnya, masyarakat dapat berperilaku hidup bersih dan sehat, semua berawal dari kebiasaan mencuci tangan dari lingkup terkecil keluarga, sekolah serta masyarakat secara luas.

Pada kesempatan itu Lucia juga membagikan paket Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang telah disediakan kepada para siswa sekolah dasar setempat.

“Makanannya langsung dimakan disini ya, tapi jangan lupa cuci tangan dulu,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dispermades PPKB Kabupaten Banjarnegara, Sri Sudaryati, selaku ketua pelaksana kegiatan, menyampaikan bahwa bahwa dasar kegiatan HCTPS merupakan salah satu program kerja TP PKK Kabupaten Banjarnegara.

“Dan tujuannya adalah mengedukasi Masyarakat tentang pentingnya cuci tangan pakai sabun menjadi perilaku baik dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

     (Ugl/eko/awi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *